Apa Perbedaan Cfr Dan Vfr Pada File Video?

CFR Atau VFR - Isalwin8



Gue yakin gatau kenapa nih, orang yang ke postingan ini yang ingin tau apa bedanya CFR dan VFR? Di Karenakan Waktu Edit Adobe Video dan Audio Ngak Sinkron wkwk, Oke pribadi saja kita bahasfile video dibagi ke dalam 2 jenis menurut jenis frame rate yang digunakan. Yaitu VFR dan CFR. Jika kau memakai software atau aplikasi perekam layar (screen recorder) ibarat Bandicam(PC), baik pc atau android, maka di dalamnya akan ditemukan pengaturan untuk menentukan jenis frame rate untuk file video yang akan dihasilkan. Yaitu, antara VFR dan CFR. Apa perbedaan diantara 2 jenis frame rate ini?



  • CFR (Constant Frame Rate) CFR yaitu jenis frame rate pada file video yang mempunyai nilai tetap pada jumlah frame per detiknya. Contohnya, ada sebuah file video 30 fps berjenis CFR. Maka ketika diputar, file video akan menampilkan 30 frame tiap detiknya secara flat. Dari awal video dimainkan, hingga selesai.
  • VFR (Variable Frame Rate) VFR yaitu jenis frame rate pada file video yang mempunyai nilai yang berubah-ubah pada jumlah frame per detiknya. Contohnya, ada sebuah file video 24 fps berjenis VFR. Maka ketika diputar, file video akan menampilkan jumlah frame yang berubah-ubah tiap detiknya dengan maksimum 24 frame per detik. Untuk efisiensi, jumlah frame per detik akan berkurang ketika video menampilkan warna solid atau gambar yang tidak bergerak.
Mana jenis frame rate yang paling baik? CFR atau VFR? Semua sesuai kebutuhan. Karena gue sering Edit Video Di Adobe Premiere jadi gue pake CFR tetapi Secara umum VFR lebih baik, alasannya lebih efisien. Tapi Masalahnya VFR mempunyai sedikit duduk perkara ketika file video diproses pada beberapa software video editor, misalnya Adobe Premiere. Saat file video berjenis VFR di-import ke dalamnya, maka ada duduk perkara dimana video akan kehilangan sinkron dengan audio. Tapi hening Masih Bisa di Convert, bila file video butuh untuk melewati proses edit yang membutuhkan video dan audionya secara bersamaan, maka jenis CFR menjadi pilihan yang lebih baik. Di atas yaitu klarifikasi jenis frame rate video CFR dan VFR secara garis besar. Sebenarnya masih ada klarifikasi lebih mendalam seputar frame rate pada file video.

Belum ada Komentar untuk "Apa Perbedaan Cfr Dan Vfr Pada File Video?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel